Tugas IMK: I, Robot

ImagePendahuluan

Film I, Robot adalah sebuah film sains fiksi yang dibuat pada tahun 2004 yang disutradarai oleh Alex Proyas. Film ini menceritakan tentang seorang detektif bernama Del Spooner yang diperankan oleh Will Smith, sedang menyelidiki kasus bunuh diri, yang menurutnya bukanlah kasus bunuh diri melainkan kasus pembunuhan yang dilakukan oleh seorang robot. Kasus ini membesar menjadi sebuah ancaman bagi umat manusia.

Hubungan I, Robot terhadap Interaksi Manusia dan Komputer.

Di film ini, robot sudah dapat hidup berdampingan dengan manusia. Jenis robot pertama yang muncul di film ini adalah robot berbentuk manusia. Robot ini bisa mengerti dan merespon apa yang diperintahkan manusia. Dengan menggunakan suara, keadaan, gerakan manusia sebagai input melalui mata dan telinga robot, robot ini dapat memberikan respon melalui gerakan badan, tangan, dan kaki. Jenis robot kedua yang muncul adalah NS-5, khususnya NS-5 yang bernama Soony. Sonny memiliki teknologi lebih canggih dari NS-5 lainnya. Selain interaksi melalui suara dan gerakan, sonny dapat merespon sebuah emosi. Selain robot, terdapat juga supercomputer dengan nama V.I.K.I (Virtual Interactive Kinetic Intelligence). Supercomputer ini memproses input dari manusia yang berbentuk suara dan mengeluarkan respon pada monitor.

Interaksi manusia dan komputer sangatlah berkembang di film ini. Tidak hanya melaui sentuhan, gerakan, ataupun suara. Situasi atau keaadaan dapat menjadi input sebuah komputer. Pada film ini, Spooner pernah mengalami kecelakaan yang menyebabkan seorang anak perempuan dan dirinya jatuh ke dalam sungai dan terjebak dalam air. Kemudian, datanglah sebuah robot untuk menyelamatkannya. Tanpa dapat menganalisa keadaan/situasi kecelakan, tentu robot itu tidak akan menyelamatkan Spooner. Secara jasmani disini robot hampir memiliki kemampuan yang sama dalam mengobservasi baik keadaan, suara, ataupun gerakan sebagai data, dan melakukan respon yang lebih cepat. Tetapi manusia memiliki hati yang tidak dimiliki oleh robot.

Terima Kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s